Minggu, 18 Desember 2016

PHP - Penggunaan method __set() dan __get()


Jika di artikel sebelumnya ane ngebahas tentang magic method di php, maka di artikel ini ane juga bakalan membahas magic method lagi gan.

Di artikel ini ane bakalan membahas sala-satu magic method yaitu __set() dan __get(), apa itu ?
penasaran gak ?

Sama dengan magic method lainya kedua magic method ini sering di pakai dan sangat bermanfaat dalam pengolahan proses didalam sebuah class dan method, kalo di jelaskan satu-satu maka bisa di jabarkan 

Method __set() digunakan atau berjalan ketika memanggil property yang tidak bisa di akses dalam sebuah class

Nah sedangkan method __get() digunakan untuk memanggil property yang tidak bisa di akses tersebuah :D, jadi intinya __set untuk membuat property nya lalu __get untuk memanggil propertynya, cukup simple kan ?, jika didalam penggunannya 2 method tersebut sering digunakan untuk dynamic property dalam sebuah class, wow keren kan ?

Ane tunjukan sebuah simple syntak dalam penggunakan method __set() :



Nah contoh syntak di atas sering saya lihat di framework-framewok terkenal php, cukup simple dan mudah di pahami bukan ?,

Tapi jika ane coba untuk menampilkan value dari new_property tersebut maka hasilnya bakalan kosong, nah loh ?


Itu terjadi karena sesungkuhnya property itu memang tidak ada didalam class tersebut dan jika dicoba untuk di panggil maka akan kosong, jadi property ini bisa dikatan property yang tidak bisa di akses, nah terus apa gunanya ath :D, tenang untuk meresolved masalah tersebut cukup gunakan method __get(), yaa betulkan

Coba tambahkan method __get() dalam kelas tersebut seperti syntak di bawah ini :


Nah jika sudah gitu maka value new_property bakalan bisa ditampilkan gan, gmana gan ? keren kan ?
ini adalah contoh penggunaan __set() dan __get() dalam sebuah class, bener2 magic method kan.


Oke gan sebagian artikel dari ane, semoga bermanfaat bagi agan-agan yang membacanya


See you on the next post :D

    Choose :
  • OR
  • To comment
1 komentar:
Write komentar
  1. bisa bagi pemula nih yg mau belajar php
    makasih gan
    di save dulu

    BalasHapus