Sabtu, 29 Oktober 2016

Standar Coding dalam PHP atau PSR



PSR dalam php sangatlah penting gan, karena menurut ane itu menjadi sebuah tolak ukur nilai dari koding/syntak yang kita buat, dan yang lebih penting supaya koding kita terlihat cantik dan rapih hehe, koding yang rapih dan enak dilihat merupakan kebanggan tersendiri bagi ane, walau pada kenyataanya ane masih belum sempurna dalam mengimplementasikan koding yang rapih dan sesuai PSR, karena programer juga manusia dan manusia tidak ada yang sempurna :D

Sampai saat ini PSR terdiri dari PSR-1,PSR-2,PSR-3, dan PSR-4, sebenarnya ane blm tahu jelas tentang perbedaan dari PSR-1 sampai PSR-4 tapi yang ane ambil adalah standars coding nya aja hihi karena dari setiap PSR memiliki standars syntak yang bagus dan oke buat di tiru hih


Oke langsung ke basic simple syntak PSR 

Berdasarkan artikel yang ane baca di website ini psr-1 dapat di ambil beberapa standards seperti :
  1. Penulisan tag php seharusnya hanya boleh  
  2. Penulisan namespace dan classes seharusnya mengikuti sebuah autoload => namesapce dalam php
  3. Pembuatan class seharusnya di declare dalam Studlycaps
  4. nama method harus di declare dalam bentuk camelCase
  5. PHP code seharusnya menggunakan hanya encoding UTF-8 tanpa BOM.
Lalu ini beberapa PSR yang saya pelajari dan saya sering pakai di dalam projek yang ane kerjain

1. Jangan memakain tag closing php jika file itu hanya digunakan untuk syntak PHP saja
2. PHP keyword seharunya hurup kecil semua :
3. Beri jarak 1 line blank antara namespace dan use :


4. Parameters yang memiliki default value harus ada di akhir deklarasi dalam method :


5.Parameters yang ada di dalam sebuah method harus di beri jarak 1 spasi jika lebih dari 1:


6. Jika dalam memanggil method nama variabel terlalu panjang maka bisa di split antara           line atau bisa di taruh di line selanjutnya :


7. Ketika menggunakan sebuah if, elseif dan else berikan jarak 1 spasi pada kurung                 pembuka, lalu untuk elseif dan else harus pada di line yang sama atau sejajar                       dengan penutup kurung :


Nah itu gan beberapa standars koding yang ane sering terapin di projek-projek ane,
sebenarnya masih banyak PSR yang ane belum tunjukin tapi jika ingin mempelajari lebih dalem bisa langsung meluncur ke situs websitenya : www.php-fig.org/psr


Terima kasih gan,, dan jangan lupa comment and share ya

See you on next post

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar