Jumat, 28 Oktober 2016

Magic Method PHP


PHP sebagai bahasa programing populer menyediaan banyak sekali function-function yang bisa berguna dalam pembuatan aplikasi, tapi PHP juga menyediakan beberapa method magic, kenapa magic karena kegunaanya itu bisa di katakan diluar nalar dan bisa menjadi jalan pintas untuk penggunaaan function menurut ane hehe, 

Ini adalah nama-nama function magic :
__construct()__destruct()__call()__callStatic()__get()__set()__isset()__unset(),__sleep()__wakeup()__toString()__invoke()__set_state()__clone() and __debugInfo()  

Masing-masing dari magic method ini memiliki kegunaan yang luar bisa jika ane katakan, tentu namanya juga magic method jadi pasti spesial hehe.

Tapi ane tidak akan membahas semua function magic method, ane hanya akan membahas dua function magic method yang ane sering gunaain di dalam coding ane hehe, yaitu __call dan __classStatic,

Oke.. Perama bisa di katakan kedua method magic itu memiliki kegunaan yang sama, secara kasarnya __call dan __classStatic ane gunain buat manggil function di lain tempat, wihh keren kann,, jadi jika biasanya kita menggunakan polymorphism untuk mengambil function yang ada di kelas lain, tapi dengan adanya __call/__callStatic kita tidak perlu menggunakan methode itu lagi,, wah keren kann hehe.

Tapi selain untuk memanggil method lain, method ini sesungguhnya memiliki fungsi untuk overloading method dan akan terpanggil otomatis jika kita memanggil method yang tidak ada di dalam sebuah class atau tidak bisa di akses. sedikit bingung kan, oke saya berikan contoh.

contoh syntak __call/__callStatic :



Nah bisa di katakan jika secara logika itu pasti akan error karena method helloObject dan helloStatic tidak ada dan bahkan belum di define di dalan class Kunkin, nah ajaibkann nah lah kok bisa,, itu lah kebehatan magic method __call/__callStatic

Ini contoh penggunaan __call/__callStatic dalam memanggil method class lain :



Dari contoh syntak di atas kita tahu bahwa method helloKun itu ada di class Kun, lalu dengan sentuhan magic __call dan __classStatic kita bisa panggil di class Kin, nah cara ini yang saya sering gunain di dalam projek-projek yang saya kerjaan soalnya keren dan sangat mebantu sekali dalam perkodingan hehe

Lalu sebenarnya masih banyak kegunaan dari method __call/__callStatic agan bisa langsung aja meluncur ke website megic method php.net, di sana di bahas sampai akar-akarnya hehe

Nah sekian posting dari saya semoga bermanfaat, Terima kasih

See you on next post gann ....

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar