Minggu, 05 Maret 2017

Laravel Debugbar


Mendebug sebuah aplikasi dari awal pembuatan merupakan hal yang paling penting menurut ane, karena dari sana kita bisa melakukan optimasi terhadap fungsi-fungsi yang telah kita buat, terutama pada fungsi query yang bisanya selau memakan waktu yang sedikit lama dalam eksekusi proses, apalagi jika query sangat kompleks,  sangat berpengaruh pada saat load page pada website.

Oleh karena itu, untuk menghindari sebuah proses yang berat dan agar para developer tahu maka harus adanya debug proses dari awal, supaya perbaikan bisa cepat di atasi dan di optimasi terharap proses-proses yang memiliki waktu eksekusi yang lumayan lama.

Dalam laravel ada sala-satu pacakge yang saya sudah gunakan, yaitu barryudh/laravel-debuger, penggunaanya menurut saya cukup mudah dan kegunaanya sangatlah bermanfaat bagi development sebuah aplikasi, karena jika laravel-debuger sudah terinstall maka disetiap kita membuat sebuah proses dan melakukan testing terhadap proses itu maka laravel-debuger akan menampilkan hasil dari waktu eksekusi time, terutama eksekusi time query yang sangat penting.


Didalam artikel ini ane bakalan memberi tahu cara menginstal pacakge laravel-debuger


Saya asumsikan laravel agan terlah terinstall dan telah runing di local agan masing2,

Pertama download pacakge via composer,
composer require barryvdh/laravel-debugbar
Kedua, edit file config/app.php


Ketiga, tambahkan facade laravel-debuger jika agan perlu


Jika sudah, maka bukan local laravel anda, dan penamkanannya nambak seperti gambar dibawah ini

Nampak didalam halaman, terdapat sebuah tab seperti console log google, ketika di klik maka akan menampilkan semua proses termasuk query, disni ane membuat query untuk menampilkan semua data user, dan terlihat berapa waktu eksekusi untk query itu



Nah itu gan sala-satu fungsi dari debug proses dilaravel, sangat berguna dan memprospek sebuah aplikasi ke arah yang lebih baik ketika sudah menjadi aplikasi besar


Sekian dari ane, semoga bermanfaat, terima kasih, see you on the next post




    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar